Penemu Permainan RUBIK Pertama Kali di Dunia, Sejarah, dan Perkembangannya

Written By Rendra Habsy on Monday, August 26, 2019 | 9:53 AM

Hai semua.. pada postingan kali ini, akan membahas mengenai penemuan unik yang datang dari ranah permainan, yaitu permainan rubik. Jadi, dalam postingan ini akan dijelaskan mengenai apa itu rubik, siapa penemunya, dan bagaimana perkembangan dari kompetisi rubik tersebut. 
Daripada penasaran, yuk simak artikelnya di bawah ini. Sebelum menjelaskan tentang sejarah rubik, kita ketahui dulu apa itu rubik? 


Kubus Rubik

Kubus Rubik (Rubik’s Cube) adalah sebuah teka-teki berantai (puzzle) mekanis yang berbentuk kubus dimana setiap sisinya dibagi menjadi 9 buah kotakan-kotakan kecil yg memiliki kelompok warna awalan yang sama untuk masing-masing sisinya (putih, merah, biru, oranye, hijau dan kuning) dan dapat diputar sedemikian rupa sehingga menghasilkan kotakan-kotakan yang acak di masing-masing sisinya.

Cara memainkannya adalah dengan mengacak dan mengembalikan kotakan-kotakan tersebut ke sisi-sisi yang sebenarnya sesuai dengan kelompok warnanya.

Penemuan Permaninan Rubik

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.


Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya

Perkembangan Kompetisi Rubik

Kompetisi dunia pertama di adakan pada tahun 1982 di Budapest, kota tempat sang Erno Rubik lahir. Kompetisi ini diikuti oleh orang dari berbagai belahan dunia. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun dari Long Angles, yaitu Minh Thai dengan catatan waktu 22,95 detik.
Setelah orang-orang mencoba menyelesaikan puzzle ini, ternyata belum bisa mengalahkan catatan waktu sang Juara Dunia tersebut dan akhirnya menyimpulkan ‘tidak mungkin menyelesaikan Rubik’s cube dibawah 20detik’. Tapi dengan pernyataan dan anggapan orang-orang ini, Prof. Jessica Fredric tergugah untuk membuktikan bahwa rubik cube bisa terselesaikan dibawah 20 detik, yaitu menciptakan CFOP. CFOP ini singkatan dari Cross F2L OLL PLL. Dengan algoritma-algoritma yang diciptakan Beliau dapat menyelesaikan dengan catan waktu 17 detik.

Kini Rubik bahkan menjadi sebuah ajang kompetis dunia. Terdapat banyak kategori perlombaan yg dipertandingkan, diantaranya :

  1. Speedcubing/Speedsolving yang bertujuan untuk mencoba untuk menyelesaikan Kubus Rubik's secepat mungkin. pertama kali diselenggarakan oleh Guinness Book of World Records di Munich pada 13 Maret 1981, Kubus Rubik melahirkan Pemenang resmi dengan catatan waktu 38 detik; Jury Froeschl dari Munich.

  2. Kejuaraan dunia pertama internasional diadakan di Budapest pada tanggal 5 Juni 1982, dan dimenangkan oleh Minh Thai, pelajar Vietnam dari Los Angeles, dengan catatan waktu 22,95 detik.
    Saat ini, pemegang rekor dunia untu 3x3x3 adalah Erik Akkersdijk dari Belanda dengan waktu 7,08 detik.
    Sebelum akhirnya terpecahkan oleh Felix Zemdegs dengan catatan waktu 6,65 detik di kejuaraan Melbourne Winter Open 2011.

  3. Blindfolded Solving (sering disingkat dengan BLD)adalah cara menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup. Dalam menyelesaikan dengan tertutup, kontestan mememorisasi/mengingat posisi warna Rubik yang teracak dengan mata terbuka, dan kemudian ditutup matanya sebelum menyelesaikan Rubik.
    Waktu mulai dihitung sejak cuber melihat rubiknya dan melakukan memorisasi. Rekor resmi dunia saat ini untuk 3x3x3 BLD adalah 35,96 detik oleh Haiyan Zhuang dari China. Selama waktu penyesleaian, peserta menggunakan penutup mata / blindfold dan seorang juri memegang sehelai kertas di bawah hidung peserta. Hal ini bertujuan agar peserta tidak dapat mengintip di bawah celah blindfold dan hidungnya.

  4. Multiple Blindfolded Solving atau sering disingkat dengan multi BLD, disebut, sebut sebagai seni tertinggi dalam permainan rubik. Dalam permainan ini, peserta melakukan memorisasi BLD pada beberapa rubik sekaligus dengan mata tertutup tanpa jeda. Cabang ini jelas menuntut daya ingat yang luar biasa, keahlian teknik dan penguasaan, daya konsentrasi tinggi, dan penyelesaian yang cepat.
    Team Blinfolded Yaitu menyelesaikan Rubik dimana satu orang dengan mata tertutup dan orang lain mengatakan apa yang harus dilakukan.

  5. One handed solving yang mengharuskan peserta untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan, baik tangan kanan maupun tangan kiri.

  6. Solving with feet yang memperbolehkan peserta mencoba untuk menyelesaikan Rubik dengan kaki, mulai dari tahap inspection hingga solving. Cabang ini benar-benar dipetandingkan secara resmi dalam kompetisi WCA. Pemegang rekor resminya adalah Anssi Vanhala dari Finlandia dengan waktu rata-rata 47,21 setik.
Nah, bagimana? sekarang sudah tau kan apa itu rubik dan siapa penemunya? tentunya sudah jelas yaa... namun bagaimanapun, masih banyak perkembangan lainnya yang tidak tercantum dalam artikel ini. Jadi, jangan jadikan artikel ini sebagai satu-satunya wawasan tentang rubik yaa hehe

Oke sekian untuk postingan penemuan unik kali ini, semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Rendra Habsy ~Hiztoria.com

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Penemu Permainan RUBIK Pertama Kali di Dunia, Sejarah, dan Perkembangannya yang ditulis oleh Hiztoria.com yang berisi tentang : Kumpulan sejarah penemuan - penemuan unik yang mampu mengubah dunia . Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, asalkan ditulis sumbernya (penemuan-unik.blogspot.com)

Blog, Updated at: 9:53 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts