Penemu Sandal Jepit Pertama di Dunia, Sejarah, dan Perkembangannya

Written By Kukuh Ibnu on Friday, August 30, 2019 | 9:12 AM

Hai semua... Sudahkah anda jalan kaki hari ini? apa kalian tau saat jalan kaki hal apakah yang kalian cari pertama kali? ya, sandal. Dalam penggunaannya, sandal jepit ini sangat umum digunakan ketika sedang santai di rumah ataupun jalan-jalan di dekat rumah.
Kali ini kita akan mempelajari sejarah penemuan sandal jepit. Sandal jepit dipakai dengan meletakkan poros bagian depan tali sandal di antara ibu jari dan telunjuk kaki, sehingga tidak terlepas sewaktu dipakai berjalan. Selain dipakai di dalam ruang atau kamar mandi, sandal jepit digunakan di luar rumah pada kesempatan tidak resmi, dan kegiatan rekreasi seperti di pantai atau kolam 


Sandal jepit bisa jadi kategori barang/benda yang sangat penting bagi kehidupan manusia saat ini khususnya di Indonesia,terbukti dengan begitu larisnya penjualan sandal jepit di pasaran.


Mungkin tidak semua orang memiliki kendaraan bermotor, tidak semua orang memiliki perhiasan, tidak semua tau tentang teknologi terkini,tapi hampir semua orang di indonesia tau dan memiliki sandal jepit.selain murah dan mudah dalam penggunaan(karena tidak harus sekolah atau kursus untuk belajar menggunkanaya. sandal jepit juga sangat fleksibel dan nyaman sekali digunakan.

Lalu apakah kita pernah berfikir siapa penemu dan bagaimana sejarah sandal jepit yang kita gunakan sehari-hari ini??
Memang tidak ada data yang pasti tentang sipa penemu sandal jepit dan bagaimana dia ditemukan.


mungkin ini dipengaruhi oleh pemikiran masyarakat yang menganggap sandal jepit hanya barang yang tidak penting dan biasa-biasa saja.coba anda pikir seandainya sandal jepit adalah sejenih IPhone,atau barang mewah lainnya, mungkin akan ada banyak sekali nama yang menyatakan diri bahwa sandal jepit adalah hasil temuanya.

Penemuan Sandal Jepit dan Perkembangannya

pertama-tama sandal jepit ini di temukan di daerah Cina Utara yang pada saat itu di pimpin oleh Kaisar Cing Cang Ke Ling. Penemuan sandal jepit tidak disengaja. Di mana pada saat itu, kaisar sedang berburu harimau dengan busur panahnya melihat si kaki seribu melintas di ibu jari kakinya, karena merasa jijik, si kaisar latah, sambil berkata " eh sial..gua jepit lo".

Dari sana tersebar gosip dari mulut ke mulut, bahwa kaisar itu latah. Ini akibat ulah comel dari pengawal kaisar yang melihat kelatahan kaisar dan memberikan kabar ini pada media Cek Li Cek, media cetak gosip mingguan di Cina Utara. Untuk menjaga kewibawaan kaisar, maka para penasehat kaisar bersidang. 

Dari sidang muncul keputusan, bahwa harus ada alas kaki, buat kaki kaisar agar terhindar dari serangga menjijikan, maka di buatlah alas kaki dari kayu, dengan memberikan tiang pendek pas dekat ibu jari. Hal itu sekaligus sebagai peringatan bagi para gosiper, kalau masih menggosip kaisar latah akan diinjak dan dijepit lho. Itu kisah sandal jepit dari Cina walau pun ini masih perlu dibuktikan kebenarannya.

Ada yang menyatakan bahwa sandal jepit sebenarnya sudah ada sejak abad ke 7 di indonesia, hal ini dibuktikan dengan ditemukanya batu tulis yang didalamnya terdapat prasasti telapak kaki raja, yang mungkin saja digunakan sebagai cetakan untuk membuat sandal jepit, sayangnya tidak diketahui telapak kaki raja siapakah itu dan model sandal jepit apa yang akan dibuat.

Dan menurut Wikipedia.com sandal jepit mukin sudah ada sejak jaman mesir kuno, pada zaman kuno orang india, Asyirria, Romawi, Yunani dan Jepang juga mengenakan sandal jepit.



Demikian penjelasan mengenai pernemuan dan perkembangan sandal jepit. Kesimpulannya, sandal jepit hingga saat ini merupakan benda yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sayangilah sandal jepit anda, hehehe. Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Kukuh Ibnu ~Hiztoria.com

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Penemu Sandal Jepit Pertama di Dunia, Sejarah, dan Perkembangannya yang ditulis oleh Hiztoria.com yang berisi tentang : Kumpulan sejarah penemuan - penemuan unik yang mampu mengubah dunia . Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, asalkan ditulis sumbernya (penemuan-unik.blogspot.com)

Blog, Updated at: 9:12 AM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts