Drone Pertama Kali di Dunia dan Sejarahnya

Written By Kukuh Ibnu on Monday, September 16, 2019 | 2:19 PM

Drone, tampaknya alat ini sudah tidak asing lagi di telingan masyarakat dunia dewasa ini. Betapa tidak, hampir beberapa event dan pemberitaan yang diliput bekalangan ini juga memanfaatkan alat teknologi pesawat tanpa awak ini. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah peradaban Drone hingga ke era modern seperti saat ini ?

Ide pengembangan teknologi drone muncul pertama kali di tanggal 22 Agustus 1849. Pada saat itu ada pertempuran antara Austria melawan kota Venesia, Italia. Alat berupa abalon diluncurkan dari kapal Austria Vulcano. Dan balon-balon tersebut pun berhasil mengenai target, walaupun beberapa diantaranta justru meleset karena berubah arah.
Berasal dari pertempuran tersebut, pada tahun 1916, sebuah konsep pesawat tanpa awak dibuat dan diberi nama “Aerial Target”. Namun sepanjang pembuatannya, ternyata alat tersebut tak kunjung diterbangkan. Namun beberapa waktu kemudian, debut pesawat tanpa awak bernama “Hewitt-Sperry Automatic Airpane” pun selesai diproduksi. Dan pesawat tanpa awak jenis ini yang pertama kali terbang dengan membawa misi bom terbang.
 Foto:Aerial Target
Teknologi tersebut pun sudah mengusung konsep Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan dapat dikontrol dari jarak jauh. Penggunaanya pun untuk meluncurkan terpedo udara atau rudar jelajah. Dan pada saat itu, pesawat tanpa awak tersebut pun dikendalikan menggunakan giroskop.
Sepanjang kiprah Hewitt-Sperry Automatic Airplane, militer Angkatan Darat Amerika Serikat pun mencoba mengambil alih pengembangannya. Pada tahun 1917, pesawat tersebut akhirnya dikembangkan sebagai mesin terpedo udara milik militer neger paman sam itu. Dan pada tahun 1918, debut lanjutan pesawat tanpa awak tersebut melahirkan generasi selanjutnya yang diberinama “Bug Kettering”.
 Foto:Bug Kettering
Setelah itu, pesawat tanpa awak tersebut digunakan untuk peperangan pada era Perang Dunia I. Perkembangannya pun lambat laun bukan hanya dilakukan oleh Amerika saja. Pada tahun 1931, pesawat tanpa awak bernama “Fairey Queen” juga dikembangkan oleh Inggris. Dan paada tahun 1935 bersamaan dengan lahirnya generasi pesawat tanpa awak bernama “DH.82B Queen Bee” hasil pengembangan Inggris pun menjadi awal mula munculnya sebutan “Drone”.
Kemudian pada era Perang Dunia II, Drone digunakan untuk alat latihan para tentara untuk menembak target. Militer Jerman dari pemerintahan Nazi juga menggunakan drone sebagai senjata udara UAV sepanjang Perang Dunia II tersebut.
Melihat dari sejarah singkat tersebut, diketahui bahwa Drone adalah sebuah pesawat tanpa awak yang digunakan untuk melakukan serangan militer dan peperangan. Berikut adalah beberapa pesawat tanpa awak / drone yang sempat diciptakan oleh manusia.

Ditulis Oleh : Kukuh Ibnu ~Hiztoria.com

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Drone Pertama Kali di Dunia dan Sejarahnya yang ditulis oleh Hiztoria.com yang berisi tentang : Kumpulan sejarah penemuan - penemuan unik yang mampu mengubah dunia . Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, asalkan ditulis sumbernya (penemuan-unik.blogspot.com)

Blog, Updated at: 2:19 PM

1 comments:

  1. bagus sekali artikel ini min ^^
    permisi ya min sebelumnya.. mohon maaf

    bingung mencari situs poker online yang berkualitas?
    ini nih saya perkenalkan website poker online terpercaya yaitu bebasqq
    dengan hanya menggunakan 1 id bisa memainkan 8 permainan sekaligus yaitu :
    -aduq
    -bandarq
    -sakong
    -poker
    -bandarpoker
    -dominoqq
    -bandar66
    -capsa susun
    *winrate tinggi
    *minimal deposit 20 ribu
    *minimal withdraw 20 ribu
    *bonus rollingan yang mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *persentasi kemenangan yang sangat tinggi
    *dilayani oleh cs yang baik dan ramah
    *proses deposit dan withdraw dibawah 1 menit.
    *24 jam online
    untuk nomor wa bisa hubungi : +6285381564626 ya
    silahkan click link dibawah ini info lebih lanjut :

    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya

    ReplyDelete

Popular Posts