Penemu Radio dan Perkembangan Radio Pertama di Dunia

Sebagaimana kita ketahui bahwa Radio adalah teknologi yang digunakan untuk menyalurkan suatu gelombang atau sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang radio itu sendiri bisa diartikan sebagai suatu bentuk radiasi dari elektromagnetik. transmisi gelombangnya juga dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi, radar dan telepon genggam juga.


Dasar dari teori perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dikemukakan oleh James Clerk Maxwell pada 1873. James mengungkapkan tentang teori dinamika medan elektromagnetik di Royal Society. 


Foto : James Clerk Maxwell

Tetapi orang pertama yang mengirim dan menerima gelombang tersebut adalah David E.Hughes pada saat dia menemukan bahwa keseimbangan induksi yang menyebabkan gangguan pada telepon buatannya.


Foto : David E.Hughes 

Penemu Radio.

Sedangkan orang yang pertama kali menemukan radio adalah Guglielmo Marconi yang lahir di Bolognia, Italia 25 April 1874. Pada usia 21 tahun Marconi sudah membuat laboratorium di rumah ayahnya untuk meneliti gelombang radio yang bernama gelombang hertzian untuk mengirim sinyal telegraf. Penemuannya mendapat dukungan dari departemen pos serta telegraf Italia, sayangnya penemuan ini tidak didukung oleh birokrasi Italia. Dengan kegigihannya akhirnya setelah setahun, Marconi mendapat dukungan dari Dinas Pos Inggris mendirikan perusahaan The Wireless Telegraph & Signal Company Limited. Lalu berganti nama menjadi Marconi’n Wireless Telegraph Company Limited.


Foto penemu radio : Guglielmo Marconi

Pengguna radio awalnya hanya digunakan oleh maritime. Salah satu pengguna radio yang paling dikenal adalah saat tenggelamnya RMS Titanic 1912. Komunikasi yang dilancarkan oleh operator yang berada di kapal Titanic kepada kapal terdekat untuk melaporkan siapa saja yang selamat.

Radio FM yang kita gunakan sekarang adalah hasil dari penelitian Edwin Howard Amstrong. Dia lahir di kota New York 18 Desember 1890. Amstrong sangat mengagumi Marconi sehingga dia berniat untuk menyempurnakan radio yang diciptakan Marconi menjadi lebih jernih dan Amstrong ingin membuat stasiun radio di rumahnya. Karena kecerdasannya itu Amstrong berhasil menjadi mahasiswa Fakultas Teknis Listrik di Universitas Columbia dan lulus, serta menjadi guru besar dan insinyur Listrik.

Siaran radio FM mulai dilakukan pada 1920 dan sangat terkenal di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran tersebut, siaran dari titik ke titik temasuk telepon dan siaran uang program radio menjadi sangat populer pada 1920-an dan 1930-an.

Post a Comment

0 Comments