Ikat Pinggang Pertama di dunia

Ikat pinggang atau sabuk mungkin sudah bukan barang baru lagi ya untuk saat ini. Ikat pinggang sudah menjadi kebutuhan utama dalam berpakaian untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Belum lagi model dan bentuknya yang sudah sangat beragam sehingga pemakaiannya juga bisa disesuaikan dengan situasi tertentu. Terlepas dari itu semua, tahukah kamu darimana awal ide tercetusnya ikat pinggang berasal?
  

Seperti dilansir dari ecosalon.com Kamis (28/5), ikat pinggang sudah lahir sejak abad ke-16 yang dikhususkan untuk pria untuk mengikat bagian pinggang celananya. Para pelaku industri fashion mengemukakan bahwa ikat pinggang yang pertama adalah yang digunakan oleh para pasukan militer yang ditujukan sebagai tempat meletakkan senjata mereka. Kemudian pada tahun 1850-an, barulah muncul tren ikat pinggang wanita yang dipadupadankan dengan gaun mereka.

Foto: Ikat pinggang zaman dulu

Sempat tak lagi digandrungi pada sekitar tahun 1920-an, ikat pinggang kembali ngetop saat industri fashion memperkenalkan model-model celana khusus wanita pada tahun 1930-an. Sampai saat ini semakin banyak bermunculan model-model ikat pinggang terbaru yang pastinya memudahkan penggunanya untuk memilih model sesuai outfit mereka setiap harinya. 


Post a Comment

0 Comments