John Logie Baird, Penemu Televisi Pertama di Dunia

Written By Kukuh Ibnu on Monday, August 12, 2019 | 2:21 PM

Adalah John Logie Baird, seorang pria yang lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus tahun 1888, yang pertama kali menemukan teknologi mutakhir yang sangat digandrungi masyarakat era ini. Pendidikan teknik yang ia tempuh dihabiskan di dua kampus, yaitu Glasgow University dan Technicl College Royal.


Hidup di era Perang Dunia I memaksanya untuk ikut wajib militer guna membantu negaranya berperang dengan negara lain. Namun, karena kesehatannya yang buruk, ia akhirnya diposisikan sebagai insinyur listrik.

Selepas melalui wajib militer, ia pun beralih menjadi seorang “amatir profesional” yang bekerja untuk kepentingan tertentu selama itu menguntungkannya. Hal ini ia tempuh karena ketika sudah tidak lagi di militer, ia tetap butuh untuk menafkahi dirinya dan keluarganya.

Pada fase hidup berikutnya, John Baird memilih untuk memfokuskan diri pada dunia elektronik, apalagi setelah mendapati gelombang demonstrasi radio yang ditemukan Guglielmo Marconi ternyata bisa digunakan untuk mengirim sinyal audio. Baird percaya bahwa dari sinyal yang sama itu, manusia juga bisa mengirim sinyal visual. Maka, ia pun memulai impiannya itu dengna membuat sebuah desain.

Banyak ilmuwan yang telah mencoba membuat televisi dengan model dan komponen berbeda seperti Alexander Bain, Arthur Korn, dan Paul Gottlieb Nipkow.

Berbeda dengan Baird yang menggunakan bahan apa pun yang bisa dia dapatkan untuk membuat televisi. Mulai dari karton, lampu sepeda, lem, tali dan lilin yang kemudian menjadi bagian dari televisi pertamanya. Pada 1924, Baird mengirimkan gambar yang berkedip-kedip dengan jarak beberapa meter jauhnya.

Berikut sejarah perkembangan televisi:
  1. Di tahun 1876 – Selenium camera diciptakan oleh George Carey, yang berfungsi guna dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Eugen Goldstein pun menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dinamakan sebagai sinar katoda.
  2. Di tahun 1884 – Paul Nipkov, Ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.
  3. Di tahun 1888 – Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal (liquid crystals), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD.
  4. Di tahun 1897 – Tabung Sinar Katoda (CRT) pertama diciptakan ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Braun membuat Tabung Sinar Katoda tersebut dengan layar berpendar apabila ditembakan elektron.
  5. Di tahun 1900 – Constatin Perskyl mengemukakan Televisi pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran teknologi yang diselenggarakan di Prancis.
  6. Di tahun 1907 – Campbell Swinton menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar.
  7. Di tahun 1927 – Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, AS telah mengembangkan sebuah televisi modern pertama saat berusia 21 tahun, serta pemikirannya tentang image dissector tube lah yang menjadi dasar kerja televisi.
  8. Di tahun 1929 – Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope, dan penemuan tersebut kemudian mengembangkan teknologi cathode ray tube .
  9. Di tahun 1940 – Televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis diciptakan oleh Peter Goldmark.
  10. Di tahun 1958 – Sebuah karya tulis ilmiah pertama mengenai LCD sebagai tampilan dan dikemukakan Dr. Glenn Brown.
  11. Di tahun 1964 – Prototipe sel tunggal display Televisi Plasma pertamakali diciptakan Donald Bitzer dan Gene Slottow. Kemudian barulah dilanjutkan oleh Larry Weber.
  12. Di tahun 1967 – James Fergason menemukan teknik twisted nematic, layar LCD yang lebih praktis.
  13. Di tahun 1968 – Layar LCD pertama kali diperkenalkan oleh lembaga Root Cause Analysis.
  14. Di tahun 1975 – Larry Weber dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna.
  15. Di tahun 1979 – Para Ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menciptakan tampilan jenis baru organic light emitting diode (OLED). Sejak itu, mereka terus mengembangkan jenis televisi OLED. Sementara itu, Walter Spear dan Peter Le Comber membuat display warna LCD dari bahan thin film transfer yang ringan.
  16. Di tahun 1981 – Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis.
  17. DI tahun 1987 – Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display pertama kali.
  18. Di tahun 1995 – Larry Weber melakukan penelitian selama puluhan tahun dan akhirnya proyek layar plasmanya akhirnya terselesaikan, lalu Weber megadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita.
  19. Barulah pada dekade 2000- Masing masing jenis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma maupun CRT terus mengeluarkan produk terakhir yang lebih sempurna dari sebelumnya.
Nah, jadi hingga sekarang televisi masih berkembang dengan adanya televisi layar LED yang begitu khas dengan desainya yang tipis.
Sekian dulu penjelasan mengenai penemu televisi, John Logie Baird. Semoga bermanfaat :)

Ditulis Oleh : Kukuh Ibnu ~Hiztoria.com

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul John Logie Baird, Penemu Televisi Pertama di Dunia yang ditulis oleh Hiztoria.com yang berisi tentang : Kumpulan sejarah penemuan - penemuan unik yang mampu mengubah dunia . Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, asalkan ditulis sumbernya (penemuan-unik.blogspot.com)

Blog, Updated at: 2:21 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts