Sejarah Papan tulis dan Papan Tulis Pertama di Dunia

Semua orang pasti mengetahui alat papan tulis, karena benda tersebut sering kita jumpai dengan sangat mudah, pada sekolah-sekolah atau institusi pendidikan dan pelatihan. Karena itu papan tulis adalah suatu papan yang dapat di jadikan alat tulis dan dapat dilihat oleh banyak orang, papan tulis juga bisa di jadikan suatu memo yang dapat mengingatkan kegiatan rutinitas kita atas suatu hal.



Papan tulis itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an,, pada saat itu papan tulis mulai muncul di pasar.. tidak terpikirkan akan ditempatkan pada sebuah ruangan kelas.. hingga tahun 1990-an, mulailah ada perintis-perintis yang memerlukan papan tulis sebagai alat dan bahan untuk memudahkan proses belajar - mengajar.. hingga pada masa itu, sudah ada yang namanya blackboard(papan tulis hitam) dengan menggunakan kapur sebagai alat tulisnya.




Papan tulis sekarang dibuat dari lembaran papan yang dicat dengan cat yang tidak mengkilat, biasanya berwarna hitam atau hijau. Papan tulis biasanya digunakan di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan atau pelatihan. Tulisan atau gambar yang dibuat dengan kapur tulis mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus papan tulis yang dibuat dari secarik karpet yang ditempelkan di sepotong kayu. Sedangkan tulisan yang dibuat dari kapur tulis yang dibasahkan biasanya lebih sulit dihapus. 

Produsen papan tulis biasanya menganjurkan permukaan papan tulis yang baru dibeli supaya dipenuhi dulu dengan coretan-coretan lebar kapur tulis. Setelah coretan-coretan dihapus, papan tulis siap untuk digunakan.

Banyaknya tingkat kealergian terhadap kapur tulis, maka seiring dengan berjalannya zaman, mulailah bibuat yang namanya whiteboard(papan tulis putih) dengan alat tulis berupa spidol ataupun pena bertinta tebal..


Hingga pada saat ini ditemukan beranekaragam whiteboard seperti whiteboard magnet, sakana, jurnal dll.. hinga pada tingkat ini ada kemajuan dalam dunia industri terutama bagi produsen - produsen pembuat spidol... dan mungkin sampai saat ini whiteboard masih melekat dalam ingatan - ingatan khususnya para pelajar...

Post a Comment

0 Comments