Penemu Sandal Jepit Pertama di Dunia, Sejarah, dan Perkembangannya

Halo semua... Sudahkah anda melakukan jalan kaki hari ini? apa kalian tahu sebelum anda melakukan jalan kaki hal apa yang pertama  akan anda cari? pasti sandal kan. Dalam penggunaannya sandal jepit sangat umum digunakan ketika sedang santai dirumah atau saat jalan-jalan di dekat rumah.
kali ini kita akan mempelajari sejarah tentang penemuan sandal jepit. Cara memakai sandal jepit dengan meletakkan poros bagian depan tali santal di antara ibu jari dan telunjuk kaki, sehingga tidak terlepas saat digunakan saat berjalan. Selain digunaka  di dalam ruangan atau kamar mandi, sandal jepit digunakan di luar rumah pada kesempatan tidak resmi, dan kegiatan rekreasi seperti di pantai atau kolam.





Sandal jepit merupakan jenis barang yang sangat penting bagi kehidupan manusia saat ini khususnya di Indonesia, terbukti dengan begitu larisnya penjualan sandal jepit  di pasaran. Mungkin tidak semua orang memiliki perhiasan, tidak semua orang tau tentang teknologi terbaru, tapi hampir semua orang di Indonesia tau dan memiliki sandal jepit, selain murah dan mudah dalam penggunaan  karena tidak harus sekolah atau kursus untuk menggunakannya. Bentuk dari sandal jepit juga sangat fleksibel dan nyaman sekali digunakan.

Mungkin kalian pernah berpikir siapa penemu dan bagaimana sejarah sandal jepit yang kita gunakan sehari-hari ini?? Untuk data yang pasti memang tidak diketahui siapa penemu sandal jepit dan bagaimana dia ditemukan.

Karena di pengaruhi oleh pemikiran masyarakat yang menganggap sandal jepit hanya barang yang tidak penting dan biasa-biasa saja, coba anda pikir jika sandal jepit adalah Iphone, atau barang mewah lainnya, pasti saja orang akan banyak menyatakan diri bahwa sandal jepit adalah penemuannya.


Penemuan Sandal Jepit dan Perkembangannya

Awalnya sandal jepit ini ditemukan di Cina Utara yang pada saat itu di pimpin oleh Kisar Cing Cang Ke Ling. Penemuan sandal jepit tidak disengaja. Ketika saat itu, Kaisar sedang berburu harimau dengan busur panahnya melihat si kaki seribu melintas di ibu kaki jarinya, karena meraa jijik , si Kaisar latah sambil berkata  "eh sial.. gua jepit lu".

Maka tersebarlah gosip dari mulut kemulut, bahwa kaisar itu latah. Orang yang membocorkan rahasia ini adalah pengawal kaisar yang saat itu melihat kelatahan kaisar dan memberikan kabar ini pada media Cek Li Cek, media cetak gosip mingguan di Cina Utara. Maka untuk menjaga kewibawaan kaisar, maka para penasehat kaisar melakukan sidang.

Dari sidang muncul keputusan bahwa harus ada alas kaki, buat kaki kaisar agar terhindar dari serangga menjijikan, maka di buatlah alas kaki terbuat dari kayu, dengan memberikn tiang pendek pas dekat ibu jari. Ini sekaligus sebagai peringatan bagi para orang yang sedang bergosip, kalau masih menggosipkan kaisar latah akan diinjak dan dijepit. Tapi cerita sandal jepit dari Cina walaupun ini masih perlu dibuktikan kebenarannya.

Selain itu ada juga yang menyatakan bahwa sandal jepit sudah ada sejak abad ke 7 di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya batu tulis yang didalamnya terdapat prasasti telapak kaki raja, yang mungkin digunakan sebagai cetakan untuk membuat sandal jepit. Sayangnya tidak diketahui telapak kaki raja siapa dan model sandal jepit apa yang dibuat.

Demikian penjelasan mengenai penemuan dan perkembangan sandal jepit. Kesimpulanya, sandal jepit hingga saat ini merupakan benda yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu sayangilah sandal jepit anda.... Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Penemu Sandal Jepit Pertama di Dunia, Sejarah, dan Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel